HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.93.75.242
Pengunjung : 614.752


Newsflash :
            |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |                         |             PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018

Sejarah Singkat Wilayah Jakarta

Ketika Jakarta menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia, pimpinan gereja Mgr. Willekens menulis surat kepada Muder Laurentia de Sain (pemimpin misi Tarekat CB) untuk turut terlibat dalam tugas misioner gereja khususnya upaya pengembangan pendidikan di Ibukota. Bersamaan dengan dibukanya Novisiat di Blok B Kebayoran pada tahun 1952, dimulailah penanganan dan pengembangan bidang pendidikan di Jakarta dengan turut mengajar di sekolah Strada milik keuskupan. Sebagai novis ketika itu, Sr. Emmanuela Jansen dan Sr. Marije Peters yang datang bersama dengan Sr. Tiodoro dari Belanda, memberi pelajaran di SD Strada. Menyusul kemudian Sr. Benedictus dan juga Sr. Borromeo.

Pada tahun 1957, Yayasan Strada menawarkan kepada pimpinan tarekat untuk mengambil alih sekolah, dan pada tahun 1959 secara resmi sekolah Strada diambil alih dan diberi nama Tarakanita. Mgr. A. Djojoseputro SJ kemudian mendorong para suster CB untuk mengembangkan pastoral sekolah di Blok Q (SD, SMP, dan SMA). Tahun 1962, Sr. Emmanuela Jansen mendirikan SMA Tarakanita 1 dan pada Tahun 1968 didirikan pula LPK Tarakanita dan SMEA Tarakanita. Tahun 1970 SMA Tarakanita 1 berpindah ke gedung sekolah di Jl. Puloraya, dan tahun 1990 Aksek/LPK Tarakanita berpindah ke daerah Pondok Kelapa dan mulai tahun 2002 pengelolaannya berada di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi Tarakanita. Mulai tahun 1971 pengelolaan sekolah Tarakanita semakin berkembang di Pluit Jakarta Utara, Rawamangun Jakarta Timur dan Patal Senayan Jakarta Selatan.

Sejak semula, sekolah-sekolah Tarakanita di Jakarta dikelola oleh pengurus Yayasan Cabang Jakarta, namun sejak tanggal 1 Agustus 2002 kantor cabang Jakarta digabungkan ke dalam Kantor Pusat yang berkedudukan di Jl. Salemba Tengah No. 23 Jakarta Pusat. Hingga saat ini, Wilayah Jakarta mengelola 18 unit sekolah di Jakarta yang terdiri dari 5 KB-TK, 5 SD, 5 SMP, 2 SMA, dan 1 SMK.